Nomer Kontak Hp Tsel Pengacara Balikpapan Samarinda

Nomer Telepon Pengacara Balikpapan Samarinda. Untuk Kirim Pesan Whatsapp tinggal klik gambar ini


Follow Facebook Pengacara Balikpapan Samarinda

5 Tips Membuat Sumur Bor Manual Sendiri yang Baik dan Benar di sawah atau pegunungan dengan pipa pvc oleh rukorumahdijualbalikpapan

Kolaborasi dengan Agen Properti Balikpapan hp/WA 0812 3456 243, Berikut Pengacara Perceraian Perdata Pidana di Balikpapan Samarinda sampaikan artikel pelengkap rumah tangga tentang Tips Membuat Sumur Bor Manual Sendiri yang Baik dan Benar di sawah atau pegunungan dengan pipa pvc, dalam dunia properti untuk melengkapi fasilitas ruko dijual balikpapan, rumah dijual balikpapan, tanah dijual balikpapan, rumah disewakan balikpapan, ruko disewakan balikpapan
membuat sumur bor yang baik dan benar

membuat sumur bor sendiri

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat sumur bor, terutama jika dilakukan sendiri. Hal ini mengingat apabila jumlah air yang disediakan jasa dari perusahaan daerah tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari. Berikut adalah tips-tips dalam membuat sumur bor.

membuat sumur bor yang baik

Air bersih merupakan kebutuhan yang sangat vital dalam kehidupan sehari-hari. Namun, semakin banyaknya bangunan di sebuah pemukiman, menyebabkan persediaan air ini terganggu, membuatnya airnya keruh atau mengalir sedikit. Membuat sumur bor adalah solusi yang banyak ditempuh masyarakat masa kini.

Di sisi lain, jasa pembuatan sumur bor yang marak, seringkali membutuhkan biaya yang sangat besar dan banyak terjadi manipulasi. Membuat sumur bor sendiri akan lebih efisien jika dilakukan dengan tepat. Berikut ini adalah beberapa tips dalam pembuatannya:

1. Menentukan Lokasi membuat sumur bor yang Baik dan Benar

Terdapat beberapa kriteria yang diperlukan untuk menentukan lokasi pengeboran sumur,

membuat sumur bor sendiri didalam area dekat septik tank

diantaranya (1) tidak berdekatan dengan WC, kamar mandi, toilet, atau saluran pembuangan lain agar air sumber tidak terkontaminasi dengan air resapan pembuangan, (2) jarak antara sumur dan tempat pembuangan minimal 5 meter, jika jenis tanah di lokasi berupa tanah liat, dan 7,5 meter, jika jenis tanah berpasir.

membuat sumur bor di sawah atau pegunungan

Biasanya, untuk dataran rendah, sumber air layak konsumsi bisa didapat di kedalaman berkisar 6 sampai 10 meter, sedangkan di daerah dataran tinggi, baru bisa didapat pada kedalaman berkisar 20 meter. Untuk hal ini, perlu juga mengenali lapisan tanah tempat dilakukan pengeboran. Tanah cadas, berbatu, atau pasir, biasanya memiliki sumber air yang baik.

2. Menyiapkan Peralatan dan Komponen Pendukung yang Tepat

Pemilihan peralatan yang baik untuk membuat sumur bor akan menunjang keberhasilan membuat sumur bor itu sendiri. Dalam pembuatannya, setidaknya juga dibutuhkan tiga orang yang berpengalaman membuat sumur bor untuk meminimalisasi risiko terjadinya kecelakaan kerja. Sedangkan peralatan yang dibutuhkan, diantaranya:
- Mata Bor sebuah pipa dengan diameter 3 inchi atau 4 inchi panjangnya sekitar 2 m ujungnya pipa kecil ukuran sekitar 1 inchi sebagai penyambung pipa batangan.
- Pipa batangan kisaran ukuran 1 inchi panjangnya 6 m digunakan sebagai batang penyambung mata bor disesuaikan dengan kedalaman sumur.
- Pipa silang perempatan digunakan sebagai pegangan untuk memutar pipa yang dihubungkan dengan mata bor dan biasanya diatasnya diberi beban karung yang berisi tanah dengan bobot sekitar 20 kg.
- Kunci Monyet hampir seperti kunci ingris digunakan untuk memegang pipa pada saat dilakukan penyambungan.

3. Merencanakan Konstruksi Sumur yang Memenuhi Syarat

Agar sumber air tidak tercemar oleh resapan air yang lain, sebaiknya Anda membuat penutup sumur.

4. Teknik Pengerjaan yang Benar

Cara pembuatan sumur bor yang benar salah satunya adalah dengan tidak melakukan pengeratan terhadap pipa dengan maksud sebagai lubang masuk air. Hal ini biasanya dilakukan oleh tukang yang tidak jujur agar cepat selesai. Padahal, hal ini dapat menyebabkan air menjadi keruh saat musim hujan.

Jika kedalaman sumur seharusnya 4 pipa, maka Anda wajib mengebor sedalam 4,5 pipa. Yang setengah dibiarkan tanpa selubung pipa dan menjadi reservoir air.

5. Pentingnya Memasang Filter Air Sumur Bor dengan pipa pvc

Untuk menunjang kebersihan dan kesehatan air di dalam sumur bor, tahap terakhir adalah menambahkan filter air yang didesain untuk menyaring kandungan berbahaa yang terbawa dalam air seperti besi, mangan, debu, kerikil, dan lain-lain.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Tips Membuat Sumur Bor Manual Sendiri yang Baik dan Benar di sawah atau pegunungan dengan pipa pvc oleh rukorumahdijualbalikpapan"

Posting Komentar

Silahkan Hubungi Pengacara Balikpapan Samarinda dengan klik gambar ini

Nomer Telepon Pengacara Balikpapan Samarinda. Untuk Kirim Pesan Whatsapp tinggal klik gambar ini

7 Tips Cara Menjual Mobil Pribadi Dengan Harga Pantas by Birojasa pengurusan stnk bpkb terdekat di balikpapan samarinda penajam

Pelayanan Biro Jasa Pengurusan STNK dan BPKB Terdekat hp/wa 0812-3456-243 di Balikpapan, Samarinda, Penajam, Tenggarong, Kutai Timur, Berau ...